Garry Winogrand (14 Januari 1928 – 19 Maret 1984) adalah seorang fotografer jalanan Amerika dari Bronx, New York, yang dikenal karena karya-karya fotonya yang menggambarkan tentang kehidupan dan masalah sosial pada pertengahan abad ke-20 di Amerika Serikat.
Ia menerima tiga Beasiswa Guggenheim untuk mengerjakan proyek pribadi, beasiswa dari Endowment Nasional untuk Seni , dan menerbitkan empat buku selama masa hidupnya. Dia adalah salah satu dari tiga fotografer yang karyanya ditampilkan dalam pameran New Documents yang bergengsi di Museum of Modern Art di New York pada tahun 1967 dan mengadakan pameran tunggal di sana pada tahun 1969, 1977, dan 1988. Ia bekerja sebagai jurnalis lepas dan fotografer iklan pada 1950-an dan 1960-an, dan mengajar fotografi pada 1970-an. Foto-fotonya ditampilkan di majalah fotografi seperti Popular Photography, Eros, Contemporary Photographer, dan Photography Annual.
Kurator fotografi, sejarawan, dan kritikus John Szarkowski menyebut Winogrand sebagai fotografer berpengaruh di generasinya. Sean O’Hagan salah seorang penulis di The Guardian pada 2014, mengatakan “Pada 1960-an dan 70-an, ia mendefinisikan fotografi jalanan sebagai suatu sikap dan juga gaya dan itu telah ada pada bayanganya sejak saat itu . . .” Phil Coomes, menulis untuk BBC News pada tahun 2013, mengatakan “Bagi kita yang tertarik dengan fotografi jalanan ada beberapa nama yang menonjol dan salah satunya adalah Garry Winogrand, yang mana foto-fotonya di New York pada 1960-an mengandung suatu pelajaran di setiap bingkai.”
Pada saat kematiannya, karya Winogrand ada sekitar 2.500 gulungan film yang belum dicetak.
Kehidupan awal
Orang tua Winogrand, Abraham dan Bertha, beremigrasi ke AS dari Budapest dan Warsawa. Garry tumbuh bersama saudara perempuannya Stella di pemukiman buruh yang sebagian besar penghuninya adalah Yahudi dari Bronx dan New York, di mana ayahnya adalah seorang pekerja kulit di industri garmen, dan ibunya membuat dasi. Winogrand lulus Sekolah Menengah Atas pada tahun 1946 dan memasuki Angkatan Udara AS . Ia kembali ke New York pada tahun 1947 dan belajar melukis di City College of New York dan fotografi di Universitas Columbia , juga di New York, pada tahun 1948. Ia juga menghadiri kelas foto jurnalistik yang diajarkan oleh Alexey Brodovitch di The New School for Social Research (NSSR) di New York pada tahun 1951.
Winogrand menikah dengan Adrienne Lubeau pada tahun 1952. Mereka memiliki dua anak, Laurie pada tahun 1956 dan Ethan pada tahun 1958. Mereka pisah ranjang pada tahun 1963 dan bercerai pada tahun 1966.
Karir
Dia bekerja sebagai jurnalis foto lepas dan fotografer iklan pada 1950-an dan 1960-an. Antara 1952 dan 1954 ia lepas dengan agensi Penerbitan PIX di Manhattan atas pengantar dari Ed Feingersh , dan dari tahun 1954 di Brackman Associates.
Dua dari foto-foto Winogrand muncul dalam pameran The Family of Man 1955 di Museum of Modern Art (MoMA) di New York. Pertunjukan solo pertamanya diadakan di Image Gallery di New York pada tahun 1959. Pameran pertamanya yang terkenal adalah di Five Unrelated Photographer pada tahun 1963, juga di MoMA di New York, bersama dengan Minor White , George Krause , Jerome Liebling , dan Ken Heyman.
Pada 1960-an, ia memotret di New York City dengan Lee Friedlander dan Diane Arbus.
Pada tahun 1964, Winogrand dianugerahi Guggenheim Fellowship dari John Simon Guggenheim Memorial Foundation untuk melakukan tour “untuk studi fotografi tentang kehidupan Amerika”.
Pada 1966 ia membuat pameran di George Eastman House di Rochester, New York bersama Friedlander, Duane Michals , Bruce Davidson , dan Danny Lyon dalam sebuah pameran berjudul Toward a Social Landscape, yang dikuratori oleh Nathan Lyons . Pada tahun 1967 karyanya dimasukkan dalam pameran New Documents yang “influential” di MoMA New York dengan Diane Arbus dan Lee Friedlander, yang dikuratori oleh John Szarkowski.
Sekitar 1967, Winogrand menikahi istri keduanya, Judy Teller. Mereka bersama sampai 1969.
Foto-fotonya dari Kebun Binatang Bronx dan Coney Island Aquarium menghasilkan buku pertamanya The Animals (1969), kumpulan gambar yang mengamati hubungan antara manusia dan hewan.
Dia dianugerahi Guggenheim Fellowship kedua pada tahun 1969 untuk terus mengeksplorasi “efek media pada peristiwa”. Antara 1969 dan 1976 ia memotret di acara-acara publik, menghasilkan 6.500 cetakan untuk Papageorge untuk dipilih dan digunakan untuk pameran solonya di MoMA, dan untuk proyek buku Public Relations (1977).
Pada tahun 1972 ia menikahi Eileen Adele Hale, yang dengannya ia memiliki seorang putri, Melissa.
Pada 1970-an Winogrand memilih mengajar di New York. Ia pindah ke Chicago pada tahun 1971 dan mengajar fotografi di Institut Desain, Institut Teknologi Illinois antara tahun 1971 dan 1972. Ia pindah ke Texas pada tahun 1973 dan mengajar di Universitas Texas di Austin antara tahun 1973 dan 1978. Ia pindah ke Los Angeles pada tahun 1978, di mana ia mengekspos 8.522 gulungan film.
Pada tahun 1979 ia mendapatkan Guggenheim Fellowship ketiganya untuk melakukan perjalanan di seluruh Amerika Serikat bagian selatan dan barat untuk menyelidiki masalah sosial pada masanya.
Dalam bukunya Stock Photographs (1980) ia menunjukkan ” Bagaimana orang-orang dalam hubungan satu sama lain dengan hewan-hewan pertunjukan mereka” di Fort Worth Fat Stock Show dan Rodeo .
Szarkowski, Direktur Fotografi di MoMA New York, menjadi editor dan peninjau karya Winogrand. Szarkowski memanggilnya fotografer berpengaruh di generasinya.
Kematian dan warisan
Winogrand didiagnosis menderita kanker kandung empedu pada 1 Februari 1984 dan dirujuk ke Klinik Gerson di Tijuana , Meksiko, untuk mencari pengobatan alternatif (dengan biaya $ 6.000 per minggu pada 2016). Ia meninggal pada 19 Maret, di usia 56 tahun.
Pada saat kematiannya, pekerjaannya yang terakhir sebagian besar tidak diproses, sekitar 2.500 gulungan film yang belum dikembangkan, 6.500 gulungan dari paparan yang dikembangkan tetapi tidak terekspose. Total kurang lebih ia meninggalkan hampir 300.000 gambar yang belum diedit. Garry Winogrand Archive di Center for Creative Photography (CCP) terdiri dari lebih dari 20.000 cetakan, 20.000 contact sheets, 100.000 negatif film dan 30.500 35 mm slide warna serta beberapa cetakan Polaroid. Beberapa karyanya yang belum dikembangkan dipamerkan secara anumerta, dan diterbitkan oleh MoMA dalam ikhtisar karyanya Winogrand, Figments from the Real World (2003).
Namun masih banyak dari arsipnya yang sebagian besar belum diteliti dari awal hingga akhir, dan foto-fotonya yang terkenal, dimasukkan dalam pameran tur retrospektif yang dimulai pada 2013 dan di lampirkan dalam buku Garry Winogrand (2013). Fotografer Leo Rubinfien yang mengkurator retrospektif 2013 di Museum Seni Modern San Francisco merasa bahwa tujuan dari pertunjukannya adalah untuk mencari tahu, “… apakah Szarkowski benar tentang pekerjaan terakhir winogrand?” Szarkowski merasa bahwa karya terbaik Winogrand selesai pada awal 1970-an. Rubinfien berpikir, setelah memproduksi pameran di perkiraan bahwa Winogrand dalam kondisi terbaiknya dari tahun 1960 hingga 1964.
Refrensi :