Street Photographer Interview : Chris Tuarissa

Profil Singkat

Chris tuarissa adalah salah satu street photographer indonesia yang karya-karya nya sudah diakui baik sekala nasional maupun internasional. Beliau juga founder dari Maklumfoto. apasih maklumfoto itu dan seperti apakah di balik sosok chrisstuarissa itu? mari kita cari tahu jawabanya pada interview exclusive dengan beliau di bawah ini.

Sebelumnya silahkan perkenalkan diri om, dan sedikit ceritakan tentang apa itu street photography atau fotografi jalanan menurut om chris?

Saya Chris Tuarissa. Ayah dari 3 anak. Berdomisili di Jakarta. Pemotret dan penikmat foto, kopi dan pisang goreng. Street Photography. Saya rasa setiap penggiatnya akan punya argumennya sendiri tentang definisi Street Photography. Bagi saya, Street Photography adalah bagaimana cara saya mengamati dan mengeksplorasi aktifitas diruang publik. Dan merekam emosi disetiap kejadiannya dengan medium kamera.

 © Chris Tuarissa
© Chris Tuarissa

Sejak kapan sudah mulai mendalami fotografi?

Sepertinya sih sejak saya kuliah di Universitas Trisakti tahun 1989. Ketika mata kuliah fotografi memang menjadi salah satu yang diwajibkan pada jurusan yang saya ambil,yaitu desain grafis. Kalau sekarang Desain Komunikasi Visual. Saat itu lebih mengarah ke Commercial Photography.

Kenapa om chris memilih street photography?

Saya penyuka foto foto socio documentary, dan Street Photography menjadi sesuatu yang menarik perhatian saya. Ada kejujuran, kejutan dan hal tak terduga yang  terjadi di Ruang Publik. Dan Street Photography memberikan saya kesempatan untuk merekamnya.

Siapakah street photographer yang menjadi inspirasi om?

Wah banyak. Tapi secara visual, saya menyukai Martin Parr, Alex Webb, Harry Gruyaert, Raghu Rai dan Daido Moriyama. Dan kl bicara inspirasi, mngkin tidak hanya fotografer saja sebagai inspirasi saya dalam berkarya. Pelukis Raden Saleh dan Seniman grafis Andi Warhol menjadi bagian dr proses berkarya saya.

 © Chris Tuarissa
© Chris Tuarissa

Jika di perhatikan karya-karya om chirs banyak menggunakan komposisi layering, dan lebih ke street documentary, bagaimana pendapat om tentang itu?

Yaa…mungkin karena dokumentasi sosial selalu menjadi pijakan dasar saya saat memotret diruang publik. Kalau layering kan hanya bagian/pola dari komposisi, dan ini cuma salahsatu cara saya  menceritakan suatu kejadian (dengan banyak subjek) didalam 1 framing.

Menurut om chris kriteria seperti apa sajakah suatu foto street itu di anggap bagus?

Nah ini…  Karena karya Street Photography yang bagus menurut saya, blom tentu dibilang bagus oleh yang lainnya. Subyektif! Yang jelas, tetap pada kaidah fotografilah, ada komposisi, mengenal Segitiga Eksposur. Ada ide/gagasan, pesan serta kreatifitas.

Bagaimana pendapat om tentang perkembangan street photography di indonesia?

Di Indonesia, saat ini terlihat perkembangan yang pesat. Beberapa indikasi yang jelas adalah banyaknya kompetisi atau lomba foto. Padahal 2 atau 3 tahun yang lalu saya jarang/tidak menjumpai bentuk apresiasi foto bertajuk Street Photography disini. Kemudian munculnya beberapa grup fotografi jalanan diberbagai media sosial. Adanya sharing dan workshop tentang Street Photography juga menjadi penanda.

 © Chris Tuarissa
© Chris Tuarissa

Prestasi dan penghargaan apa saja yang sudah om dapatkan selama bergelut di dunia street photography?

Apa ya.. Sepertinya cuma apresiasi kecil-kecilan aja dari beberapa instansi dan grup-grup di sosial media, web dan media cetak, baik nasional maupun internasional hahaha. Dan kemudian menjadi bagian dari salah satu produsen kamera, mungkin bisa dikatakan prestasi juga ya.

Yang kami ketahui om chris adalah founder dari maklumfoto, apa sih maklum foto itu om ?

MAKLUMFOTO adalah wadah apresiasi, edukasi dan informasi  utk penggiat Street Photography diIndonesia.

Bagaimana kisahnya muncul gagasan untuk membentuk maklumfoto om?

Berawal dari Instagram pada tahun 2015, kejengahan ketika melihat salah satu foto “homeless” diangkat dan difitur oleh salah satu Group Hub menjadi foto terbaik Street Photo adalah awal pemicu lahirnya MaklumFoto. Kemudian, saya berdiskusi bersama Tomi Saputra, untuk membuat Group Hub mengenai Street Photography yg lebih terarah dan mencoba mengulas/memaknai setiap foto terbaik yang akan difitur. Mengadakan acara Sharing, Bedah Foto dan Hunting bareng, dll. Karena kami sadar bahwa edukasi sangat penting untuk mengenalkan pendekatan fotografi jenis ini.  Alhamdulillah bisa diterima.

 © Chris Tuarissa
© Chris Tuarissa

Apa visi dan misi maklumfoto sendiri om, dan apa harapan om chris dengan maklumfoto om? 

Ya..   itu, Mengenalkan Street Photography (Indonesia khususnya) ke banyak orang dan diharapkan kedepannya akan lahir talenta2 terbaik dari negeri ini dan dikenal dikancah Internasional. Harapannya sih semoga MaklumFoto bisa selalu memberikan yang terbaik saja bagi Fotografi Indonesia, khususnya Street Photography.

 © Chris Tuarissa
© Chris Tuarissa

Adakah beberapa tips untuk teman-teman yang mungkin mau atau sedang mendalami street photography khususnya di indonesia?

Kenali dan rasakan tempat kamu berada/tinggal, tempat kamu berinteraksi, tempat kamu berkegiatan, tempat kamu bersosialisasi. Kemudian cintailah dan rekam menurut caramu. Karena Street Photography itu cerminan dirimu. Selalu bergerak dengan Hati yg senang dan semangat menggali/mempelajari hal hal baru.

 

Website https://christuarissaphoto.wixsite.com/1969 

Instagram @chris_tuarissa

Flickr @christuarissa

Tumblr http://www.christuarissa.tumblr.com

 


Posted

in

, ,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: